BUMDes Rohul Memulai Jasa Layanan Online

Posted by on Jun 7, 2015 in BUM Desa, Keuangan Mikro | 0 comments

BUMDes Rohul Memulai Jasa Layanan Online

Rokan Hulu :  Keberadaan lembaga mikro ekonomi desa yang saat ini berkembang di Kabupaten Rokan Hulu seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tidak saja melayani simpan-pinjam, tambahan modal usaha, jasa angkutan, kredit barang dan pelayanan sarana produksi pertanian

Saat ini sejumlah BUMDes di Rohul terus melakukan inovasi baru dengan mengikuti perkembangan teknologi, khususnya dibidang teknologi informatika melalui mengembangan usaha Jasa Online.

Seperti yang dilakukan BUMDes Karya Anggun Desa Pasir Jaya Kecamatan Rambah Hilir dan BUMDes Primadona Desa Bono Tapung Kecamatan Tandun. Unit Usaha Jasa Online di 2 (dua) desa tersebut mampu melayani masyarakat diberbagai bidang, diantaranya pelayanan pembayaran listrik (PLN), pembayaran Badan Penyelenggara  Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, transfer antar bank dan pembayaran multy finance sampai pembelian tiket pesawat.

Pertumbuhan Unit Usaha Jasa Online tersebut lumayan prospek, terutama dari aspek pelayanan terhadap masyarakat dan profit oriented-nya.

Direktur BUM Desa Karya Anggun Desa Pasir Jaya Abdul Djalil, Kamis, (4/6/2015), menjelaskan dikembangkannya Unit Jasa Online bergerak, dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.Disamping melihat prosfek dan potensi yang ada di daerahnya.

Menurutnya, dengan adanya unit jasa online, masyarakat Desa Pasir Jaya merasa terbantu dengan keberadaan BUMDes.Tidak saja transaksi keuangan simpan pinjam, kredit barang, juga pengembangan unit usaha lain yang telah berjalan selama ini.

“Alhamdulilah, dengan adanya jasa online yang dibuka BUMDes, masyarakat semakin mudah dan terbantu.Masyarakat Pasir Jaya tak harus ke Pasirpengaraian lagi mencari bank untuk membayar BPJS, membayar kredit motor atau mengirim uang untuk keperluan keluarga didaerah lain atau anaknya kuliah.Semuanya sudah bisa dilakukan didesa tepatnya di BUMDes,” jelasnya.

Diakuinya, Abdul Djalil, BUMDes yang dipimpinnya melayani masyarakat pembayaran PLN, BPJS, Transfer antar bank dan pembayaran multi finace seperti pembayaran kredit motor, mobil, kredit barang elektronik, TV berlangganan sampai jual beli pulsa.  “Transaksinya cukup lumayan, untuk PLN ada sekitar 450 rekening dengan rata-rata transaksi Rp42 juta per bulan,” tegasnya.

Sementara untuk transfer antar rekening dan pembayaran multi finace, pihaknya melakukan kerjasama dengan BRI.’’ Kita gunakan Elektronoik Data Capture (EDC) BRILINK.Dan telah bekerjasama dengan BRI Cabang Pasir Pengaraian.Sekarang di BUMDes masyarakat sudah bisa transfer di ATM Bersama, pengiriman uang, bayar kredit ke Adira, FIF, MAF, MCF dan WOM.Transaksinya mencapai 110 transaksi dengan rata-rata transaksi 90 juta perbulan’’jelasnya

Ditempat terpisah, Direktur BUMDes Promadona Bono Tapung, Agus Riadi menjelaskan Unit Usaha Jasa Online pada dasarnya lebih berorientasi pada pelayanan masyarakat, untuk orientasi bisnisnya tidak begitu prospek.

“Kita buka ini (jasa online) lebih pada pelayanannya, karena BUM Desa tidak hanya profit oriented, tetapi lebih pada pelayanan masyarakat. Namun begitu, transaksinya terus mengalami peningkatan setiap bulan. Untuk BPJS pada Mei ini ada 66 transaksi dengan total 3,7 juta. Listrik 21 transaksi dengan total 3,3 juta, tiket pesawat ada 14 transaksi dengan total 13 juta dan transfer antar bank ada 81 transaksi dengan total 150 juta,”  jelasnya.***[Ady]

Sumber : rohultoday.com

Leave a Reply