BUMDes Bisa Garap Proyek Nasional

Posted by on May 24, 2015 in BUM Desa | 0 comments

BUMDes Bisa Garap Proyek Nasional

Masyarakat desa diminta untuk menjadi pelaku ekonomi seiring dengan mulainya pencairan anggaran untuk desa. Dengan anggaran tersebut, desa bisa berperan dalam pembangunan.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P Budiman Sudjatmiko mengatakan dengan anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa turut serta dalam proyek nasional.

“Misalnya ada proyek nasional yang dikerjakan di atas lahan desa, ini BUMDes bisa terlibat, misal sebagai kontraktor,” katanya dalam seminar bertema Dana Desa Untuk Siapa? di Jakarta, Sabtu (23/5/2015).

Dia mencontohkan proyek terminal misalnya. Apabila BUMDes mampu menggarap keseluruhan proyek maka penanganan hendaknya diserahkan ke pemerintah desa.

Namun, apabila BUMDes merasa tidak mampu, maka pemerintah desa harus diberi proyek lain atau proyek penunjang misalnya pengelolaan parkir atau pengelolaan kafe saat terminal itu sudah beroperasi.

“Kalau tidak sanggup, BUMDes juga bisa kerjasama dengan swasta dengan membentuk konsorsium untuk mengerjakan sebuah proyek,” ujarnya.

Sumber : Bisnis.com

Leave a Reply